Sunday, December 4, 2016

Cara Mengamankan Smartphone Android Dari Orang Yang Tidak Bertanggung Jawab

Cara Mengamankan Smartphone Android Dari Orang Yang Tidak Bertanggung Jawab


Smartphone telah menjdi alat yang sangat dibutuhkan dan tidak akan terpisahkan dari kita. Ponsel cerdas ini telah menyimpan aneka macam data sensitif bagi setiap penggunanya yang rawan diakses atau diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Maka dengan itu untuk mencegah ponsel anda dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab itu, ponsel anda sebaiknya diamankan dengan beberapa fitursekuriti yang telah disediakan oleh setiap android dan dapat diaktifkan dengan mudah.

Untuk para pengguna smartphone android, Google telah menjabarkan langkah-langkah cara untuk mengamankan ponselnya. Berikut ini langkah-langkah yang telah dirangkum oleh Smartphones untuk anda semuanya.

1. Aktifkan screen lock

Cara yang ini mungkin terbilang spele, namun jangan salah loh cara ini dapat menyelamatkan data-data yang berada di ponsel kamu dari tangan-tangan jahil. Mungkin sudah banyak yang sudah mengaktifkan screen lock ini.

Namun apabila anda belum, screen lock dapat diaktifkan dengan membuka aplikasi Settings  lalu pilih Security  dan pilih Screen lock. Disna kamu dapat memilih metode pengunci yang diinginkan, Ada pengunci dengan PIN, Password dan pola yang harus digambar dengan jari.

Beberapa ponsel juga telah ada yang menggunakan pengunci layar dengan sidik jari.Biasanya fitur fingerprint dapat ditemukan di dalam menu security,Atau berda di bawah dalam menu setting.

2. Nyalakan Android Device Manager

Untuk cara kedua ini anda dapat mengaktifkan Android Device Manager. Android Device Manager dapat digunakan untuk melacak posisi ponsel yang hilang serta dapat menghapus data-data di dalamnya supaya tidak dibongkar atau diintip oleh orang lain.

Untuk mengaktifkannya, Jalankan aplikasi Google Settings (yang ditandai oleh huruf G) terus pilih security, lalu hidupkan opsi “remotely locate this device” serta “Allow remote lock and erase”.

Dan pastikan location services ponsel juga telah dinyalakan dengan membuka aplikasi Settings lalu pilih Location.  Untuk dapat mengakses Android Device Manager ini anda harus login dulu ke akun google.

3. Tambahkan informasi pengguna pada layar

Tambahkan informasi pribadi seperti alamat e-mail/nomer ponsel anda yang bisa dikontak dan dapat ditampilkan dilayar.

Fungsinya adalah jika ponsel anda hilang, dan ditmukan oleh orang baik menugkin si penemu akan mengontak kamu lewat atau email. Cara menampikanya cukup mudah , anda tinggal buka aplikasi Settings - Security - Owner Info.

Baca Juga Cara Mengamankan Android Yang Sudah di Root

4. Backup data penting

Backup ini dilakukan untuk mengamankan data-data kamu. Selain dengan cara manual yaitu menyalin ke komputer, android juga menyediakan fitur backup ke could.

Beberapa file, Video, Atau yang laninya, dapat dibackup secara otomatis ke Google Drive. Caranya anada harus mengaktifkan “Back up & sync” dan memilih akun Google yang akan dipakai.

5. Nyalakan enkripsi ponsel

Enkripsi atau Mengunci, anda dapat mengunci file atau folder penting supaya ketika ponsel hilang atau di pinjem sama teman file atau folder itu tidak dapat dibuka. Fitur ini dapat diakses oleh perangkat yang sudah memakai sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean atau yang lebih baru.

Caranya, buka aplikasi Settings seperti biasa pilih Security lalu pilih Encript Phone. Proses enkripsi akan menghabiskan waktu yang agak lama dan dapat mencapai hitungan jam, so lakukanlah diwaktu ketika ponsel anda tidak digunakan, Malam hari atau ketika anda sedang sibuk kerja.

Enkripsi juga dapat dilakukan sebelum anda akan melakukan Factory Wipe (misalkan saat ingin menjual perangkat).

Available link for download