Sunday, December 25, 2016

Cara Mengatasi Bootloop Pada Lenovo S920

Cara Mengatasi Bootloop Pada Lenovo S920



Bootloop, Bootloop bisa disebut gagal booting atau bisa jadi tidak bisa masuk menu. Bootloop ini bisa deatasi dengan cara flashing lewat pc dengan beberapa aplikasi, bisa dengan CWM atau TWRP Recovery, bisa flashing dengan alat Jtag dan masih banyak lagi yang lainya. Untuk lewat PC bisanya suka memakai aplikasi odin buat samsung, sp flashtool untuk chip mediatex dan bisa juga yang memakai MTK Droid, sebenarnya masih banyak lagi aplikasi pc untuk melakukan flashing smartphone ini. Untuk lewat CWM biasanya memakai firmware atau stokrom backupan dari samrtphone bawaanya dan cara ini sangat simple namun cara ini hanya sebagian ponsel yang bisa, yang kerusakanya pada kesalahan install aplikasi atau yang lainya. kalo untuk yang cara memakai Jtag biasanya yang sudah tidak bisa memakai cara yang kedua tadi saya jelaskan dan biasanya itu terjadi kerusakan pada Nand flashnya rusak jadi kita ponsel kita tidak bisa menerima dan menghapus file di memory internal.

Nah disini saya akan membagikan tutorial Cara Mengatasi Bootloop Pada Lenovo S920, sebenarnya cara bootloop ini bisa diatasi dengan wife/factory reset lewat cwm namun itu juga kalau masih bisa masuk cwm recovery. Cara ini sangat simple dan disini saya memakai cara lewat pc yaitu dengan bantuan aplikasi sp flashtool. Ok langsung saja kita simak tutorialnya dibawah, namun sebelum itu alangkah bainya kita baca bissmillah dulu.

Bahan yang harus dipersiapkan
  • SP Flashtool Download
  • Driver Lenovo S920 Download
  • Firmware Lenovo S920 Download
Note : Sebelum kalian flashing, coba kalian test memory dulu dan usahakan baterai 70% supaya tidak mati saat kita flashing karena kalau mati akan menyebabkan IC MMC dan juga saat prosess flashing usahakan jangan sampai mati komuter atau laptopnya.

Langkah-langkah Flashing

1. Setelah selesai semua bahan di download, install driver lenovo S920
2. Lalu Extract SP Flastool dan Firmware Lenovo S920
3. Setelah itu buka folder sp flashtool dan klik dua kali pada flash_tool
4. Selanjutnya klik tombol scatter-loading lalu pilih scatter yang ada pada folder firmware lenovo s920 yang tadi kalian extract lalu klik open
4. Tunggu beberapa menit untuk Load data dari firmware
5. Setelah itu klik tombol download
6. Lalu sambungkan ponsel ke pc nanti sp flashtool akan mendeteksi ponsel anda secara otomatis dan prosess flashing akan dimulai (jika ponsel tidak terdeteksi coba cek pada device manager di komputer anda, caranya klik my computer lalu pilih proprtis dan pilih device manager jika ada tanda seru pada port maka anda install kembali drivernya atau memakai driver lain)
7. Tunggu proses flashing hingga terdapat lingkaran hijau dan diatasnya ada tulisan download ok
8. Setelah itu cabut usb dan cabut baterei lalu hidupkan ponsel seperti biasanya
9. Selesai
Note : Jika ada yang kurang paham atau ponsel tidak terdeteksi oleh flash tool meskipun sudah ganti-ganti beberapa driver lenovo anda bisa tanyakan dikomentar.

Siekian Cara Mengatasi Bootloop Pada Lenovo S920 ini, semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kalian semua, dan juga bila ada link mati anda bisa tulis di komentar.

Available link for download