Sunday, September 11, 2016

Cara Mengatasi Load Drive di Installer Windows 7

Cara Mengatasi Load Drive di Installer Windows 7


Cara Mengatasi Load Drive di Installer Windows 7.
Sedikit cerita, sekitar seminggu yang lalu data c ane, ane format dan alhasil gak bisa boot ke Windowsnya. Ketika ane coba instal Win 7 dengan flashdisk, malah timbul masalah ini Load Drive yang membuat ane tidak bisa next ke langkah berikutnya pada installer tersebut. Setelah mencari di mbah google, akhirnya ane menemukan solusinya. Silahkan disimak saja.

          Sebelum menemukan solusinya, ane mencari penyebabnya dahulu, dan disalah satu blog disebutkan penyebabnya adalah flashdisk kita menggunakan USB v2.0 sedangkan laptop kita menggunakan USB v3.0, makanya itu muncul masalah Load Drive. Dan solusi yang ditulis disitu adalah memindahkan flashdisk ke USB Port lainnya. Tetapi dilaptop ane cuma ada 2 USB Port dan dua-duanya USB v3.0. Jadi bagaimana caranya ane dapat lolos dari Load Drive?

          Caranya yaitu :
1. Masuk ke BIOS laptop ente masing-masing. 
2. Pilih di bagian "advanced" kalau tidak salah.
3. Dibagian USB v3.0 support, jika enable, silahkan ubah menjadi disable.
4. Kemudian boot kembali flashdisk installernya.
5. Done, setelah itu ente dapat melanjutkan proses installernya.

          Catatan :
1. Ini hanya berlaku untuk installer windows 7, karena ane coba di installer Win 8 dan 10 tidak bisa menggunakan cara ini, karena permasalahan ini jika kita memakai installer Win 8 atau 10 bukan Load Driver lagi, tapi tidak bisa memilih partisi yang tersedia.
2. Cara diatas adalah pengalaman ane sendiri. DWYOR.

Sekian postingan ini, semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.



Available link for download