Sunday, September 25, 2016

Cara Root dan Pasang CWM TWRP Pada Oppo Find Piano R8113

Cara Root dan Pasang CWM TWRP Pada Oppo Find Piano R8113



Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara root dan pasang CWM/TWRP pada oppo find piano R8113. Apa sih fungsi dari root itu? melakukan root itu suatu langkah untuk membebaskan ponsel dari aturan-aturan pada ponsel tersebut atau bisa dikatakan membebaskan hak cipta. Terus kalo CWM apa? CWM atau ClockWorkMod jmerupakan sala satu modifikasi dari recovery mode pada perangkat dengan sistem operasi Android. Biasanya, para pengguna yang suka mengutak atik perangkatnya menggunakan mode recovery ini untuk menginstall atau meng-custom beberapa hal yang berkaitan dengan sistem, misalnya menginstall dan mengganti jenis font pada perangkatnya, menambahkan fitur quick panel pada status bar, menginstall script -script tertentu, mengubah icon - icon dan masih banyak lagi. Dan kalau TWRP apa? TWRP atau Team Win Recovery Project merupakan custom recovery yang biasa terpasang pada tablet. Hebatnya dari TWRP ini mampu melakukan beberapa recovery dan restoration lebih lanjut, instalasi dan juga beberapa jenis operasi maintenance pada device Android, untuk fungsinya hampir sama hanya saja TWRP ini bisa digunakan dengan Touchscreen beda dengan CWM yang menggunakan tombol-tombol tertentu.

Oppo Find Piano R8113 ini memiliki layar dengan besar 4 inchi, smartphone ini diberi ram 512 dengan prosseor dual core dengan kecepatan 1 Ghz, untuk smartphone yang ini menurut saya berada dikelas mengah kebawah, namun smartphone oppo find piano r8113 ini memiliki kamera utama 5 megapixel dilengkapi fitur-fitur yang bakal mempermudah Anda seperti autofocus, LED flash hingga video, dan juga ada kamera depan yang berfungsi untuk video call. Ok langsung saja tanpa banyak basa basi lagi kita simak Cara Root dan Pasang CWM/TWRP Pada Oppo Find Piano R8113 dibawah ini

Bahan yang harus diperisapkan
  • Framaroot.apk Download
  • Mobileuncle.apk Download
  • CWM Recovery.img Download
  • TWRP Download
Tutorial Root
  1. Install framaroot-1.9.2.apk Terus buka aplikasinya
  2. Di menubar Select an action to execute after root ganti dengan superuser atau supersu
  3. Selanjutnya Pilih Boromir
  4. Tunggu proses root hingga ada notifikasi Succes seperti gambar dibawah ini
  5. Selanjutnya Restart Ponsel Anda
  6. Keberhasilan root bisa dilihat dengan adanya aplikasi dengan icon bergambar tanda pagar (#) atau robot terbang (SuperSU atau SuperUser) pada menu ponsel anda.
Tutorial Pasang CWM
  1. Jika sudah selesai rooting hp anda selanjutnya install mobileuncle.apk
  2. Simpan file recovery.img yang tadi anda download di sdcard (Jangan didalam folder)
  3. Selanjutnya buka aplikasi mobileuncle
  4. Pilih Recovery Update
  5. Terus pilih Recovery file from sdcard
  6. Cari file lalu pilih recovery.img
  7. Jika ada kolom notifikasi klik ok saja
  8. Jika proses berhasil maka ponsel anda akan reboot secara otomatis kedalam CWM Recovery
Sekian artikel dari Cara Root dan Pasang CWM/TWRP Pada Oppo Find Piano R8113 ini semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya. Bila ada link yang mati atau kurang paham dalam proses rooting atau pemasangan cwm anda bisa tanyakan dikolom komentar.

Baca Juga Cara mengatasi Botloop Pada Oppo Find Piano R8113 Via Flashtool

Available link for download