Wednesday, January 11, 2017

Cara Tracking Satelit Indovision Ses 7

Cara Tracking Satelit Indovision Ses 7


Tentunya kalian semua sudah tau kan apa itu Televisi satelit? Televisi satelit adalah televisi yang dipancarkan dengan cara yang mirip seperti komunikasi satelit, serta bisa disamakan dengan televisi lokal dan televisi kabel. Di banyak tempat di Bumi, layanan televisi satelit menambah sinyal lokal yang kuno, menghasilkan jangkauan saluran dan layanan yang lebih luas.Sekarang kita akan mencoba untuk melacak satelit SES 7 di 108.2°E atau kita bisa panggil Indovision. Untuk pertama kali kita membutuhkan alat-alat pendukung pencarian satelit ini, antara lain:


Parabola / Dish

disini saya menggunakan dish bekas telkomvision





LNB S-Band






Receiver
Contoh menggunakan Kaonsat Imax 899HD








Router Wifi






USB Modem





Pertama kita harus tau dimana sudut azimuth dan elevasi untuk satelit SES 7, kalau untuk wilayah yogyakarta ada di azimuth di 344.4 , elevation ada di 80.4 dan LNB tilt ada di -15.6 . Untuk sekarang ini sangat dibutuhkan sekali sebuah kompas untuk menunjukan arah-arah tersebut atau anda dapat menggunakan aplikasi Sat Finder yang ada di market untuk android seperti ini.






Selanjutnya cari tempat untuk meletakan dish , ingat tempat nya harus rata dan harus menggunakan water pass untuk mengukur sudut kemiringan nya atau anda dapat menggunakan aplikasi Xclinometer dari market untuk android.



Setelah mendapatkan tempat yang rata arahkan dish ke sudut azimuth 344.4 dan setel sudut elevasinya di angka 80.4 (ingat sudut azimuth dan elevasi untuk setiap wilayah masing-masing berbeda).
Setelah mendapatkan arah yang tepat, pasang LNB pada holder dan atur arah nya di 15.6, sambungkan kabel dari LNB ke receiver, lalu lakukan lah blind scan pada receiver anda. Setelah mendapatkan transponder , lakukan penguatan sinyal dengan cara mengatur dish anda kembali , atur lah sudut azimuth, elevasi dan LNB tilt sampai mendapatkan sinyal yang baik.



Nah, untuk tahap selanjutnya mari kita atur router wifi dan usb modem nya, hidupkan router wifi dan colokan usb modem. Untuk pengaturan didalam router ini saya sertakan contoh dari pengaturan router saya atau anda bias menggunakan fitur quick setup yang sudah ada didalam router.



Langkah selanjutnya adalah mengkoneksikan internet dari router wifi ke receiver lewat wifi dongle ataupun kabel lan, pada kesempatan kali ini saya menggunakan kabel lan karena saya rasa akan akan lebih stabil koneksi antara router dan receiver nya. Lakukan pengaturan di receiver anda , contoh nya seperti ini



Setelah receiver anda terkoneksi dengan internet , langkah yang terakhir adalah memasukan tiket fly yang bisa anda beli atau dapatkan dari juragan-juragan yang menjual tiket fly.



Dan jika sudah memasukan tiket fly kedalam receiver , tadaaa …anda sudah bisa menikmati layanan televisi satelit yang anda tracking sendiri.





Selamat mencoba, good luck !

Available link for download