Wednesday, January 4, 2017

Cara Mengatasi Lemot atau Sering Hang Pada Smartphone Android

Cara Mengatasi Lemot atau Sering Hang Pada Smartphone Android


Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi lemot atau sering hang pada smartphones android. Smartphone atau ponsel cerdas ini merupakan smartphone yang paling populer dan paling banyak dicari pada zaman sekarang, dan kalau menurut saya sekarang adalah zamanya smartphones karna smartphones ini merupakan ponsel yang banyak sekali manfaatnya baik itu dalam pekerjaan atau hiburan. Namun adanya ponsel cerdas ini sekarang banyak hal-hal yang berbau negatif tapi kalau menurut saya lebih banyak positifnya.

Smartphone atau ponsel cerdas dengan platform Android banyak di pakai oleh kalangan anak-anak,remaja bahkan sampai dewasa. Dan harganyapun berpariasi dari mulai yang murah sampai mahal ada. Namun, seringnya ponsel dipakai akan membiuat ponsel semakain banyak sampah atau log maka ponsel akan menjadi sering lemot atau hang. Ponsel lemot atau hang bisa terjadi karena banyaknya sampah atau log pada ponsel tersebut atau bisa jadi terkena virus trojan, shoutcut atu virus-virus lainya. Nah disini saya akan membahas secara detail cara mengatasi lemot pada smartphones ini.

Tutorial Cara Mengatasi Smartphone Sering Lemot atau Hang

1. Memory Internal atau ponsel Penuh


Penyebab dari sering lemot atau hang pada smartphone android yang pertama ini karena terlalu banyak menyimpan data atau menginstall pada memory internal. Cara menanganinya yaitu dengan cara pindahkan data pada memori external dan kalau bisa mah jangan terlalu banyak menginstall aplikasi karena disamping memori internal yang terkuras pada memory ram juga akan terkuras karena aplikasi yang berjalan dibalik layar.

2. Membersihkan Cache

Saat kita sedang menjalankan aplikasi UC Browser atau yang lainya secara tidak sadar akan meninggalkan cache pada system android kita maka akan ini salah satu yang mengakibatkan smartpone android menjadi lemot, cara menanganinya yaitu dengan membersihkan cache dengan aplikasi ccleaner versi android, anda bisa mendownloadnya di playsore atau browser

3. Terlalu Banyak Widget

Beberapa pengguna android memperindah atau menjadikan unik tampilanya dengan berbagai aplikasi widgate atau dengan wallpaper live tetapi tanpa diketahui bahwa hal seperti ini akan memakan baterai yang sangat banyak sehingga dapat memperlampat pada kinerja system android anda. Untuk itu cara menangani ini yaitu installah aplikasi widgate yang penting saja dan gunakanlah wallpaper yang biasa saja namun kelihatanya unik atau enak dipandang.

4. Update firmaware

Firmware adalah sistem operasi pada pinsel android anda, dalam sebuah ponsel pasti saja memiliki update versi firmware tersendiri. Cara mengatasi lemot atau sering hang yang ini dengan cara mengupdate versi dari OS yang digunakandi ponsel karena cara ini dapat membantu mengataso masalah oada aplikasi yang tidaj kompetibel.

5. Menggunakan aplikasi launcher

Tujuan dari pemasangan launcher ini adalah untuk mempercantik atau memperindah pada pinsel hampir sama halnya seperti widgate namun launcher ini disamping cepet habisnya pada baterai juga akan dapat memakan banyak memory ram sehingga dapat memperlambat kinerja pada system android anda. Cara untuk mengatasi ini untuk tetap menggunakan tampilan dan Setting dasar dari smartphone yang digunakan. Selain tidak akan membuat boros baterai, kinerja smartphone juga akan tetap normal meskipun telah lama digunakan.

6. Terlalu Banyak Aplikasi

Setiap setelah menginstall aplikasi, lihat kapasitas memory ram pada pengaaturan lalu pilih aplikasi dan geser ke aplikasi berjalan, bila kapasitas memory ram sudah terlihat sedikit alangkah baiknya jangan lagi menginstall aplikasi baru atau kalau bisa hapus aplikasi yang menurut anda tidak penting.

7. Smartphone jarang di-restart

Jarangnya anda merestar posnel anda akan mengakibatkan ponsel lemot atu sering hang dikarenakan serinya hardware pada ponsel tersebut digunakan. Cara ini merupakan cara yang paling mudah anda tinggal restar saja ponsel anda atau diamkan ponsel anda tanpa baterai selama 5 menit setelah itu anda hidupkan kembali ponsel anda.

Sekian atrikel tentang Cara Mengatasi Lemot atau Sering Hang Pada Smartphone Android jika cara diatas usdah dilakukan namun tidak terjadi perubahan, jalan terakhir yaitu dengan update firmware lewat Samsung kies atau bisa juga dengan flashing ponsel atau wife/date factory.

Available link for download